Mahasiswa PTI Meraih Juara III Lomba Media Pembelajaran Tingkat Nasional

Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo mengikuti perlombaan yang dilaksanakan oleh Hima Prodi PGSD dalam rangka merayakan Gebyar PGSD 2022 yaitu Lomba Media Pembelajaran Pendidikan Guru Sekolah Dasar Tingkat Nasional 2022 dengan tema “Media Berbasis Digital Siswa SD untuk mewujudkan Pembelajaran Inovatif Menuju Masyarakat Era 5.0” Lomba ini diadakan dengan tujuan menciptakan generasi pendidik yang inovatif dalam memfasilitasi pembelajaran bagi peserta didik serta memotivasi generasi pendidik seluruh indonesia untuk berkreasi, melakukan inovasi, dan menggunakan media pembelajaran untuk pembelajaran yang efektif, efesien, dan menyenangkan. Selain itu juga bertujuan menciptakan wahana tukar pengalaman dalam menciptakan, melakukan inovasi, dan menggunakan media pembelajaran yang secara empiris terbukti memfasilitasi pembelajaran yang efektif, efesien, dan menyenangkan.

Lomba ini diikuti oleh mahasiswa aktif S1 dari Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia. Dengan ketentuan Karya yang diikutsertakan merupakan media pembelajaran dalam bentuk digital maupun non digital dan merupakan karya orisinil peserta. Pengumuman lomba di publish di media sosial HIMA PGSD pada tanggal 02 Juli 2022, dengan pemenang juara III diraih oleh tim dari mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang beranggotakan Rindiani (semester 8) dan Anisa Safira (semester 8) , dan Amaydhi (semester 6).

Karya yang diciptakan oleh Tim ini yaitu sebuah media pembelajaran SIAGA (Siap Belajar Tema Tiga). Media pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan kemampuan inti, kemampuan dasar dan indikator pencapaian atau tujuan pembelajaran untuk siswa kelas I yang telah dijabarkan pada RPP (Rencana Pelaksanaan pembelajaran). Media yang dikembangkan berisi animasi, materi yang dilengkapi dengan audio, latihan dan game yang dapat digunakan untuk membuat pembelajaran siswa menjadi lebih menarik dan tidak mudah bosan. Pemaparan materi yang disajikan pun disusun lebih ringkas sehingga siswa tidak merasa malas untuk membaca. Terlebih pada bagian materi terdapat audio yang akan memaparkan isi dari materi yang disajikan. Hal tersebut cocok digunakan untuk siswa SD (khususnya untuk kelas 1) dengan tujuan meningkatkan minat belajar tema tiga mengenai kegiatanku.

Related Posts

Mahasiswa PTI Lolos Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2

PMM merupakan program unggulan dari Direktorat Jenderal Penelitian dan Pengembangan...

WORKSHOP UPGRADING “Tingkatkan skill dalam membuat sebuah videografi”

Memasuki Era 4.0, Perkembangan dan dukungan teknologi digital membawa peluang...

WEBINAR NASIONAL TECHNOPRENEUR “Kuasai teknologi & Raih Kesuksesanmu dengan Berpikir Digital di Era 5.0”

Himpunan Mahasiswa (HIMA) Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo...

Leave a Reply