Inovasi

PTI Umsida Hadirkan Inovasi Wisata Literasi Virtual Reality (VR) Ramah Difabel

ptik.umsida.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melalui Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP), meluncurkan inovasi terbaru berupa program Wisata Literasi Virtual Reality Ramah Difabel (Wirabel). Acara sosialisasi dan serah terima perangkat Virtual Reality (VR) ini berlangsung pada Jumat, 20 Desember 2024, di halaman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sidoarjo.

Program ini dipimpin oleh Dr Rahmania Sri Untari, dosen Program Studi PTI Umsida, bersama tim, dengan tujuan menghadirkan solusi teknologi literasi yang inklusif dan interaktif, khususnya bagi penyandang disabilitas.

Peresmian Pojok VR untuk Literasi Inklusif

Inovasi

Acara peresmian pojok Virtual Reality dimulai dengan sambutan dari Ketua Dinas Perpustakaan Sidoarjo. Dalam pidatonya, ia menyampaikan apresiasi terhadap inisiatif ini. “Program Wirabel menunjukkan bahwa literasi dapat diakses oleh semua kalangan, termasuk teman-teman difabel. Teknologi VR membuka peluang baru untuk mengenalkan budaya membaca dengan cara yang menarik dan inovatif,” ungkapnya.

Dalam momen tersebut, perangkat VR secara simbolis diserahkan oleh tim pengusul dari Umsida kepada Dinas Perpustakaan Sidoarjo. Perangkat ini akan menjadi fasilitas utama pojok Virtual Reality di perpustakaan, memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat, terutama difabel, untuk menikmati literasi dalam format baru.

Demonstrasi Teknologi VR: Literasi yang Menggugah Minat

Inovasi

Acara dilanjutkan dengan demonstrasi penggunaan perangkat VR yang menampilkan fitur-fitur utama program Wirabel. Salah satu yang menarik perhatian adalah pengalaman wisata literasi ke museum virtual, di mana pengguna dapat menjelajahi koleksi bersejarah lengkap dengan narasi interaktif.

Dr Rahmania Sri Untari menjelaskan manfaat teknologi ini. “Virtual Reality memberikan pengalaman literasi yang tidak hanya menarik tetapi juga memungkinkan penyandang disabilitas untuk menikmati konten literasi tanpa batasan fisik,” paparnya.

Dengan teknologi VR, perpustakaan dapat mengubah cara masyarakat, khususnya difabel, mengakses informasi. Pengguna yang memiliki keterbatasan mobilitas atau penglihatan tetap dapat merasakan pengalaman membaca buku atau menjelajahi dunia melalui teknologi ini.

Inovasi Inklusi Teknologi dalam Literasi

Inovasi

Program Wirabel dirancang untuk menciptakan perpustakaan yang lebih inklusif dan modern. Teknologi VR memungkinkan penyandang disabilitas menikmati literasi melalui format interaktif yang mudah diakses. Inisiatif ini sejalan dengan visi Umsida untuk mendorong transformasi perpustakaan konvensional menjadi ruang berbasis teknologi.

“Teknologi seperti ini membawa perpustakaan ke era digital, di mana akses literasi tidak lagi terbatas pada fisik buku atau lokasi, tetapi meluas ke dimensi virtual yang dapat dinikmati oleh siapa saja,” jelas Dr Rahmania.

Harapan Masa Depan untuk Literasi Inklusif

Melalui program ini, Dinas Perpustakaan dan Umsida berharap dapat meningkatkan minat baca masyarakat sekaligus mendukung inklusi sosial melalui literasi berbasis teknologi. Langkah ini menjadi pijakan awal bagi perpustakaan di Sidoarjo untuk lebih berperan sebagai ruang inklusif bagi seluruh lapisan masyarakat.

“Harapannya, teknologi ini dapat memperluas akses literasi, terutama bagi mereka yang selama ini terpinggirkan dari akses ke pengetahuan,” tambah Ketua Dinas Perpustakaan Sidoarjo.

Dengan Wisata Literasi Virtual Reality Ramah Difabel, Umsida dan Dinas Perpustakaan berkomitmen mendukung kemajuan pendidikan melalui teknologi yang inklusif, inovatif, dan inspiratif. Program ini tidak hanya memberikan manfaat bagi difabel tetapi juga menjadi model bagi pengembangan perpustakaan berbasis teknologi di masa depan.

 

Penulis: Rahma Yusrinda

Editor: Mutafarida

Bertita Terkini

PTI Umsida
Lulusan PTI Umsida Siap Menjadi Profesional di Dunia Pendidikan dan Teknologi
August 1, 2025By
PeKo Interactive Media: Inovasi Pembelajaran Perawatan Komputer untuk Siswa SMK
July 25, 2025By
modul
Modul Pemrograman Visual Berbasis Proyek dalam Pengembangan Keterampilan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi
July 22, 2025By
pelatihan
Pelatihan KKA di Kelas Dikdas SMP: Memahami Miskonsepi, Solusi, dan Praktik Baik
July 18, 2025By
Pemanfaatan AI dalam Pembelajaran Tingkatkan Efisiensi dan Kualitas Pendidikan
July 11, 2025By
lulusan
Lulusan Pendidikan Teknologi Informasi Diminati di Era Digitalisasi Pendidikan
July 8, 2025By
TI
Trik Cuan Anak TI: Keterampilan Sederhana yang Bisa Jadi Penghasilan Tambahan
July 4, 2025By
Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran untuk Mata Kuliah Pemrograman Berorientasi Objek di Prodi PTI Umsida
June 24, 2025By

Prestasi

MBKM Asistensi Mengajar
Putri Asdatul Permatasari, Mahasiswa PTI Berbagi Pengalaman dalam Program MBKM Asistensi Mengajar di FPIP Umsida
June 20, 2025By
PTI
Kontribusi Prodi PTI Jadikan Umsida Lembaga Penyelenggara Pelatihan Koding dan AI untuk Guru
June 16, 2025By
profil Dr. rahmania
Dr. Rahmania, Dosen PTI Umsida: Inspirasi di Dunia Akademik dengan Inovasi dan Kontribusi Nyata
November 19, 2024By
Angelia Shofi : Menangkan Penghargaan Emas dalam Kategori Ide di Acara 2nd Committe Member of ICRIITEL
December 28, 2023By
Prestasi Cemerlang Mahasiswa PTI di Yudisium II 2023 FPIP : Kilauan Bintang di Dunia Akademis!
November 6, 2023By
Mahasiswa PTI menjadi salah satu mahasiswa berprestasi di Wisuda ke 41!!
July 27, 2023By
Mahasiswa PTI Meraih Juara III Lomba Media Pembelajaran Tingkat Nasional
July 23, 2022By