e-modul

Pengembangan E-Modul Berbasis Life-Based Learning Tingkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

ptik.umsida.ac.id – Penelitian yang dilakukan oleh tim dari Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengungkap bahwa penggunaan E-Modul berbasis Life-Based Learning (LBL) mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.

Mengapa E-Modul LBL Penting dalam Pembelajaran?

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi dalam pembelajaran konvensional, seperti minimnya keterlibatan siswa dan kurangnya variasi media pembelajaran. “Kami ingin menciptakan media pembelajaran yang tidak hanya menarik, tetapi juga mampu mendorong siswa berpikir kritis,” ungkap Nurdyansyah, salah satu peneliti utama. Dengan menggunakan E-Modul berbasis LBL, siswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan logika, analisis, dan kreativitas dalam memecahkan masalah sehari-hari.

Bagaimana Penelitian Dilakukan?

Penelitian ini dilakukan di MI Penatar Sewu, Sidoarjo, dengan melibatkan 22 siswa kelas 4. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, dan tes pre-test serta post-test. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa E-Modul LBL memiliki tingkat kelayakan yang sangat tinggi:

  • Validasi materi: 95,8% (sangat valid).
  • Validasi media: 92,5% (sangat valid).
  • Validasi bahasa: 96,4% (sangat valid).

“Skor validasi yang tinggi menunjukkan bahwa modul ini tidak hanya relevan dengan kurikulum tetapi juga mudah dipahami oleh siswa,” kata Nurdyansyah.

Hasil Penelitian dan Dampaknya pada Siswa

Hasil uji coba menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa. Rata-rata skor pre-test siswa adalah 64,25, sementara post-test meningkat menjadi 88,41. “Peningkatan sebesar 24,16 poin menunjukkan efektivitas E-Modul ini dalam membantu siswa berpikir lebih logis dan terstruktur,” jelas Nurdyansyah.

Penelitian ini juga menemukan bahwa siswa yang menggunakan E-Modul LBL lebih antusias dan termotivasi dalam belajar. Dengan pendekatan berbasis kehidupan nyata, siswa dapat mengaitkan pembelajaran dengan pengalaman sehari-hari.

Apa Langkah Selanjutnya?

Peneliti merekomendasikan agar E-Modul LBL diterapkan secara lebih luas di berbagai sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Selain itu, penelitian lanjutan diharapkan dapat mengembangkan modul serupa untuk berbagai mata pelajaran lainnya. “Kami ingin modul ini menjadi alat yang praktis dan efektif bagi guru dalam membimbing siswa berpikir kritis,” tambah Nurdyansyah.

Kesimpulannya, E-Modul berbasis Life-Based Learning terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, sekaligus menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan relevan. Penelitian ini menjadi langkah penting dalam inovasi media pembelajaran di era digital.

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

Perpustakaan
Adakan Kunjungan Perpustakaan dalam Kegiatan Pembelajaran, Upaya Peningkatan Literasi Siswa SMK Muhammadiyah 1 Taman
October 7, 2025By
Google Sites
Belajar Mengoperasikan Google Sites, Mahasiswa PLP II Umsida Tahun 2025 Latih Siswa SMAMDA
October 3, 2025By
Bangun Ruang
AR pada Bangun Ruang 3D, Tingkatkan Kemampuan Siswa SD dalam Memecahkan Masalah 
September 30, 2025By
pjbl
Meningkatkan Hasil Belajar PAI dengan Model PJBL di SMK Negeri 1 Guguk
September 23, 2025By
Analisis Cluster Hierarkis
Analisis Cluster Hierarkis Pemetaan Karakteristik Kecamatan di Sidoarjo
September 19, 2025By
Open-STAD
Open-STAD Tingkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Melalui Kolaborasi
September 16, 2025By
website desa
Website Desa Jemirahan Jadi Inovasi Digital untuk Tingkatkan Potensi dan Transparansi
September 12, 2025By
PTI
Prodi PTI Umsida Cetak Lulusan Unggul dan Inovatif di Era Digital Melalui Visi, Misi, dan Tujuannya
September 9, 2025By

Prestasi

MBKM Asistensi Mengajar
Putri Asdatul Permatasari, Mahasiswa PTI Berbagi Pengalaman dalam Program MBKM Asistensi Mengajar di FPIP Umsida
June 20, 2025By
PTI
Kontribusi Prodi PTI Jadikan Umsida Lembaga Penyelenggara Pelatihan Koding dan AI untuk Guru
June 16, 2025By
profil Dr. rahmania
Dr. Rahmania, Dosen PTI Umsida: Inspirasi di Dunia Akademik dengan Inovasi dan Kontribusi Nyata
November 19, 2024By
Angelia Shofi : Menangkan Penghargaan Emas dalam Kategori Ide di Acara 2nd Committe Member of ICRIITEL
December 28, 2023By
Prestasi Cemerlang Mahasiswa PTI di Yudisium II 2023 FPIP : Kilauan Bintang di Dunia Akademis!
November 6, 2023By
Mahasiswa PTI menjadi salah satu mahasiswa berprestasi di Wisuda ke 41!!
July 27, 2023By
Mahasiswa PTI Meraih Juara III Lomba Media Pembelajaran Tingkat Nasional
July 23, 2022By