PeKo Interactive Media: Inovasi Pembelajaran Perawatan Komputer untuk Siswa SMK

ptik.umsida.ac.id — Sebagai langkah inovatif dalam meningkatkan kualitas pendidikan, salah satu dosen Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) telah mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis desktop untuk mata pelajaran perawatan komputer. Media ini, yang diberi nama “PeKo”, dikembangkan dengan tujuan untuk meningkatkan minat dan kualitas pembelajaran siswa di SMK Muhammadiyah 1 Taman, khususnya pada mata pelajaran perawatan komputer.

Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

Pendidikan memiliki peran penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan pendekatan yang lebih efektif dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran yang interaktif menjadi solusi untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan memperbaiki proses pembelajaran.

Akbar Wiguna, dosen PTI Umsida, menyatakan bahwa pengembangan media PeKo bertujuan untuk membantu siswa lebih memahami materi perawatan komputer dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami. “Kami ingin mengembangkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan keinginan siswa untuk belajar, khususnya pada mata pelajaran yang dianggap sulit dan kurang menarik, seperti perawatan komputer,” kata Akbar.

Proses Pengembangan Media PeKo dengan Metode 4D

PeKo

Pengembangan media PeKo menggunakan model 4D (Define, Design, Development, Disseminate), yang terdiri dari empat tahap: pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebarluasan. Pada tahap pendefinisian, masalah yang ada dalam pembelajaran perawatan komputer diidentifikasi, seperti kurangnya interaksi dua arah antara guru dan siswa dan siswa yang merasa bosan dengan materi. Berdasarkan analisis ini, media pembelajaran interaktif berbasis desktop “PeKo” dikembangkan.

Pada tahap perancangan, media disesuaikan dengan kebutuhan siswa yang lebih menyukai pembelajaran berbasis teknologi, khususnya yang dapat diakses menggunakan perangkat mobile. Media ini dilengkapi dengan materi perawatan komputer, kuis soal, dan pembahasan dengan jawaban yang benar, serta tampilan visual dan audio yang menarik.

Tahap pengembangan dilakukan dengan pembuatan media menggunakan software Adobe Animate dan dijalankan pada desktop yang kemudian dapat dikonversi menjadi aplikasi Android. Media ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar secara mandiri dan mengatasi permasalahan yang mereka hadapi dalam pembelajaran.

Evaluasi dan Uji Coba: Penggunaan Media yang Efektif

Setelah pengembangan selesai, media PeKo diuji coba pada siswa SMK Muhammadiyah 1 Taman. Hasil uji coba menunjukkan bahwa media ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran perawatan komputer. Dari hasil validasi ahli media dan materi, media PeKo memperoleh skor 80% dengan kategori “layak digunakan” untuk ahli media, dan 85% dengan kategori “sangat layak digunakan” untuk ahli materi.

Dari uji coba terbatas yang melibatkan 5 siswa, media PeKo mendapat rata-rata 85,6%, menunjukkan bahwa siswa merasa terbantu dengan adanya media ini. Mereka dapat memahami materi dengan lebih mudah berkat penggunaan visualisasi dan interaksi yang ditawarkan oleh media.

Media PeKo adalah contoh nyata bagaimana inovasi dalam pembelajaran dapat mengatasi masalah klasik dalam pendidikan, seperti kurangnya minat belajar pada mata pelajaran tertentu. Dengan media interaktif yang dapat diakses melalui perangkat Android atau desktop, siswa menjadi lebih aktif dan terlibat dalam pembelajaran.

Hasil penelitian ini memberikan bukti bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi, khususnya media interaktif, dapat meningkatkan pemahaman siswa, motivasi belajar, dan hasil belajar mereka. Di masa depan, diharapkan lebih banyak media pembelajaran interaktif seperti PeKo yang dapat dikembangkan untuk menunjang kualitas pendidikan di Indonesia.

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

modul
Modul Pemrograman Visual Berbasis Proyek dalam Pengembangan Keterampilan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi
July 22, 2025By
pelatihan
Pelatihan KKA di Kelas Dikdas SMP: Memahami Miskonsepi, Solusi, dan Praktik Baik
July 18, 2025By
Pemanfaatan AI dalam Pembelajaran Tingkatkan Efisiensi dan Kualitas Pendidikan
July 11, 2025By
lulusan
Lulusan Pendidikan Teknologi Informasi Diminati di Era Digitalisasi Pendidikan
July 8, 2025By
TI
Trik Cuan Anak TI: Keterampilan Sederhana yang Bisa Jadi Penghasilan Tambahan
July 4, 2025By
Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran untuk Mata Kuliah Pemrograman Berorientasi Objek di Prodi PTI Umsida
June 24, 2025By
MBKM Asistensi Mengajar
Putri Asdatul Permatasari, Mahasiswa PTI Berbagi Pengalaman dalam Program MBKM Asistensi Mengajar di FPIP Umsida
June 20, 2025By
PTI
Kontribusi Prodi PTI Jadikan Umsida Lembaga Penyelenggara Pelatihan Koding dan AI untuk Guru
June 16, 2025By

Prestasi

MBKM Asistensi Mengajar
Putri Asdatul Permatasari, Mahasiswa PTI Berbagi Pengalaman dalam Program MBKM Asistensi Mengajar di FPIP Umsida
June 20, 2025By
PTI
Kontribusi Prodi PTI Jadikan Umsida Lembaga Penyelenggara Pelatihan Koding dan AI untuk Guru
June 16, 2025By
profil Dr. rahmania
Dr. Rahmania, Dosen PTI Umsida: Inspirasi di Dunia Akademik dengan Inovasi dan Kontribusi Nyata
November 19, 2024By
Angelia Shofi : Menangkan Penghargaan Emas dalam Kategori Ide di Acara 2nd Committe Member of ICRIITEL
December 28, 2023By
Prestasi Cemerlang Mahasiswa PTI di Yudisium II 2023 FPIP : Kilauan Bintang di Dunia Akademis!
November 6, 2023By
Mahasiswa PTI menjadi salah satu mahasiswa berprestasi di Wisuda ke 41!!
July 27, 2023By
Mahasiswa PTI Meraih Juara III Lomba Media Pembelajaran Tingkat Nasional
July 23, 2022By