peneliti terbaik

Dr Rahmania Sri Untari, Dosen FPIP Umsida Berhasil Raih Penghargaan Peneliti Terbaik

ptik.umsida.ac.id – Dr Rahmania Sri Untari, dosen Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), meraih penghargaan sebagai Peneliti Terbaik dari Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM). Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan beliau dalam penelitian dengan pendanaan terbanyak pada hibah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Proses Penilaian dan Penghargaan Peneliti Terbaik

Penghargaan ini diumumkan dalam acara Rapat Akademik Dosen Semester Genap 2024/2025 yang berlangsung di Gedung GKB 2 Aula lt. 7. Kegiatan ini dihadiri oleh para dosen dan tenaga pengajar Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Proses penilaian dilakukan berdasarkan kriteria-kriteria yang ketat, salah satunya adalah pendanaan penelitian terbanyak, yang menunjukkan seberapa besar kontribusi penelitian terhadap kemajuan pendidikan dan kebutuhan publik.

“Penelitian ini sangat relevan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia saat ini, terutama dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik yang inklusif dan responsif terhadap penyandang disabilitas,” ujar Dr Rahmania selaku peneliti terbaik menanggapi penghargaan yang diterimanya. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam membangun kebijakan publik yang lebih tepat sasaran dan berbasis pada teknologi.

Penelitian Inovatif yang Memberikan Solusi bagi Instansi Pemerintah

Peneliti Terbaik

Penelitian yang dilakukan oleh Dr Rahmania dimulai pada bulan Juni 2024 dan berfokus pada penyelesaian persoalan instansi pemerintah, khususnya yang terkait dengan digitalisasi layanan publik. Salah satu yang menjadi fokus utama adalah bagaimana memastikan agar pelayanan kepada masyarakat, terutama penyandang disabilitas, dapat lebih efektif dan humanis.

Dr Rahmania menekankan bahwa “penelitian ini bukan hanya teori belaka, namun berusaha memberikan solusi konkret yang bisa langsung diterapkan di lapangan.” Penelitian ini bertujuan untuk menjadi jembatan antara dunia akademik dan dunia praktis, membantu instansi pemerintah dalam merancang kebijakan berbasis digital yang efektif. Dengan dukungan dari skema pendanaan Penelitian Terapan (PT) dan hibah Penelitian Dana Padanan (PDP), penelitian ini berusaha menciptakan perubahan nyata dalam pelayanan publik.

Selain itu, penelitian ini berkolaborasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk Dinas Perpustakaan Sidoarjo, serta tim dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan Universitas Malang. Kerja sama ini membuka ruang bagi interdisipliner yang mendorong pengembangan kurikulum Teknologi Informasi (TI) yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan pemerintah.

Dampak Penelitian dan Harapan ke Depan

Dr Rahmania sebagai peneliti terbaik berharap bahwa hasil penelitian ini dapat mendorong perkembangan pendidikan berbasis teknologi yang lebih relevan dengan tantangan zaman. “Penelitian ini memberikan konteks nyata bagi pengembangan kurikulum TI, mendukung pengembangan literasi teknologi di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN), serta membuka peluang bagi riset dan inovasi di dunia pendidikan dan teknologi,” kata Dr Rahmania.

Lebih lanjut, penelitian ini diharapkan menjadi solusi sosial yang mampu menghubungkan dunia akademik, teknologi, dan kebutuhan riil masyarakat. Dengan harapan besar untuk memajukan sektor pendidikan dan teknologi di Indonesia, Dr Rahmania juga menyatakan bahwa penelitian ini menjadi langkah awal menuju pemerintahan yang lebih cerdas, inklusif, dan solutif.

Dengan demikian, penelitian Dr Rahmania Sri Untari tidak hanya mendapatkan pengakuan di kalangan akademik, tetapi juga diharapkan dapat memberikan dampak langsung terhadap kebijakan publik dan pendidikan di Indonesia.

 

Penulis: Mutafarida