Augmented Reality

Teknologi Augmented Reality (AR) Mempermudah Pengenalan Kampus

ptik.umsida.ac.id – Teknologi terus berkembang dan memengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) menghadirkan solusi inovatif untuk membantu mahasiswa baru mengenal kampusnya dengan menciptakan aplikasi Virtual 3D Kampus 2 berbasis teknologi Augmented Reality (AR). Program ini bertujuan mempermudah mahasiswa baru menemukan lokasi-lokasi penting di Kampus 2 secara interaktif dan menyenangkan.

Mengapa Augmented Reality?

Menurut laporan penerimaan mahasiswa baru UMSIDA tahun 2021/2022, sebanyak 2188 mahasiswa baru terdaftar, dengan 676 di antaranya berasal dari Fakultas Sains dan Teknologi (SAINTEK) dan Program Studi Psikologi. Sayangnya, pengenalan kampus yang dilakukan hanya satu kali saat Forum Ta’aruf Mahasiswa (FORTAMA) belum cukup membantu mahasiswa menghafal lokasi di Kampus 2, terutama setelah perkuliahan mulai dilakukan secara tatap muka.

Dalam wawancara, peneliti menjelaskan bahwa “Teknologi Augmented Reality memungkinkan mahasiswa baru mengakses informasi tentang gedung dan fasilitas kampus di mana saja dan kapan saja. Aplikasi ini dirancang menarik, mudah digunakan, dan memberikan pengalaman yang terasa nyata.”

Proses Pembuatan Aplikasi

Aplikasi ini dirancang melalui beberapa tahapan sistematis:

  1. Observasi dan Perancangan Model 3D
    Peneliti melakukan pengamatan detail terhadap Kampus 2 UMSIDA, termasuk Gedung Kuliah Bersama (GKB 4, GKB 5, dan GKB 6), masjid, laboratorium, dan pusat layanan mahasiswa. Semua data ini kemudian digunakan untuk merancang model 3D menggunakan software Blender.
  2. Pembuatan Aplikasi Augmented Reality
    Dengan memanfaatkan software Unity dan Vuforia, model 3D tersebut diintegrasikan ke dalam aplikasi berbasis AR. Marker dalam bentuk brosur penerimaan mahasiswa baru digunakan untuk menampilkan visualisasi gedung kampus.
  3. Pengujian Validasi dan Akurasi Model
    Sebelum peluncuran, aplikasi diuji untuk memastikan akurasi tampilan virtualnya. Model 3D harus mampu memberikan informasi yang sesuai dengan kondisi nyata di Kampus 2.
Keunggulan Teknologi Augmented Reality

Aplikasi ini memberikan berbagai manfaat, terutama bagi mahasiswa baru yang sering kesulitan menemukan lokasi di kampus. Dengan AR, mahasiswa dapat menjelajahi kampus secara virtual seperti sedang berada di lokasi tersebut. Peneliti menyebutkan bahwa “Pengguna aplikasi ini dapat melihat tampilan nyata gedung kampus secara visual, seolah-olah mereka sedang berada di sana, meskipun berada di tempat lain.”

Selain itu, aplikasi ini dirancang untuk meningkatkan efektivitas pengenalan kampus dengan cara yang lebih modern dan sesuai dengan perkembangan teknologi.

Harapan dan Pengembangan Selanjutnya

Program ini tidak hanya ditujukan untuk mempermudah mahasiswa baru, tetapi juga diharapkan dapat meningkatkan branding UMSIDA sebagai institusi pendidikan yang inovatif. Peneliti menyatakan, “Kami berharap aplikasi ini tidak hanya mempermudah mahasiswa baru, tetapi juga menjadi contoh bagaimana teknologi dapat diintegrasikan ke dalam layanan pendidikan.”

Ke depan, aplikasi ini berpotensi dikembangkan lebih lanjut, seperti menambahkan fitur panduan berbasis suara, integrasi dengan jadwal perkuliahan, dan kolaborasi dengan teknologi virtual reality (VR).

Dengan implementasi teknologi AR ini, UMSIDA terus menunjukkan komitmennya untuk memberikan pengalaman pendidikan terbaik bagi seluruh mahasiswanya. Program ini juga mencerminkan bagaimana pendidikan tinggi dapat terus berinovasi di era digital.

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

Perpustakaan
Adakan Kunjungan Perpustakaan dalam Kegiatan Pembelajaran, Upaya Peningkatan Literasi Siswa SMK Muhammadiyah 1 Taman
October 7, 2025By
Google Sites
Belajar Mengoperasikan Google Sites, Mahasiswa PLP II Umsida Tahun 2025 Latih Siswa SMAMDA
October 3, 2025By
Bangun Ruang
AR pada Bangun Ruang 3D, Tingkatkan Kemampuan Siswa SD dalam Memecahkan Masalah 
September 30, 2025By
pjbl
Meningkatkan Hasil Belajar PAI dengan Model PJBL di SMK Negeri 1 Guguk
September 23, 2025By
Analisis Cluster Hierarkis
Analisis Cluster Hierarkis Pemetaan Karakteristik Kecamatan di Sidoarjo
September 19, 2025By
Open-STAD
Open-STAD Tingkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Melalui Kolaborasi
September 16, 2025By
website desa
Website Desa Jemirahan Jadi Inovasi Digital untuk Tingkatkan Potensi dan Transparansi
September 12, 2025By
PTI
Prodi PTI Umsida Cetak Lulusan Unggul dan Inovatif di Era Digital Melalui Visi, Misi, dan Tujuannya
September 9, 2025By

Prestasi

MBKM Asistensi Mengajar
Putri Asdatul Permatasari, Mahasiswa PTI Berbagi Pengalaman dalam Program MBKM Asistensi Mengajar di FPIP Umsida
June 20, 2025By
PTI
Kontribusi Prodi PTI Jadikan Umsida Lembaga Penyelenggara Pelatihan Koding dan AI untuk Guru
June 16, 2025By
profil Dr. rahmania
Dr. Rahmania, Dosen PTI Umsida: Inspirasi di Dunia Akademik dengan Inovasi dan Kontribusi Nyata
November 19, 2024By
Angelia Shofi : Menangkan Penghargaan Emas dalam Kategori Ide di Acara 2nd Committe Member of ICRIITEL
December 28, 2023By
Prestasi Cemerlang Mahasiswa PTI di Yudisium II 2023 FPIP : Kilauan Bintang di Dunia Akademis!
November 6, 2023By
Mahasiswa PTI menjadi salah satu mahasiswa berprestasi di Wisuda ke 41!!
July 27, 2023By
Mahasiswa PTI Meraih Juara III Lomba Media Pembelajaran Tingkat Nasional
July 23, 2022By