Penulisan

Peningkatan Kemampuan Penulisan Artikel Ilmiah Guru SMK N 1 Sidoarjo melalui Pelatihan Daring

ptik.umsida.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) khususnya Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) melalui tim dosen yang dipimpin oleh Fitria Nur Hasanah MPd, bersama rekan-rekan dosen lainnya, mengadakan pelatihan daring penulisan artikel ilmiah bagi guru-guru SMK N 1 Sidoarjo.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menulis artikel ilmiah sesuai dengan template jurnal nasional, yang merupakan salah satu syarat untuk kenaikan pangkat dan pengakuan profesional di bidang pendidikan. Pelatihan yang dilaksanakan pada 20 April 2020 ini diikuti oleh 20 peserta, dan menunjukkan hasil yang signifikan dalam peningkatan pengetahuan penulisan artikel ilmiah.

Latar Belakang dan Tujuan Pelatihan Daring Penulisan Artikel Ilmiah

Penulisan

Pelatihan penulisan artikel ilmiah ini dilaksanakan berdasarkan kebutuhan mendesak di SMK N 1 Sidoarjo terkait rendahnya publikasi artikel ilmiah di jurnal nasional yang terakreditasi. Guru-guru di sekolah ini, meskipun telah tersertifikasi, masih kesulitan dalam menulis karya ilmiah yang layak untuk dipublikasikan, terutama dalam konteks memenuhi persyaratan untuk kenaikan pangkat. Hal ini terkait dengan kurangnya pemahaman tentang teknik penyusunan yang baik dan sistematika yang benar. Melalui pelatihan ini, diharapkan guru-guru dapat meningkatkan pengetahuan mereka tentang komponen artikel ilmiah, etika penulisan, serta tata cara mengupload artikel ke jurnal ilmiah yang terakreditasi.

Pembekalan Penulisan Artikel Ilmiah dengan Pendampingan Praktis

Pelatihan ini dilaksanakan secara daring menggunakan platform Google Meet, dengan tujuan agar tetap dapat dilaksanakan meskipun di tengah pandemi COVID-19. Metode yang digunakan dalam pelatihan mencakup sesi presentasi, diskusi tanya jawab, dan pendampingan langsung melalui grup WhatsApp untuk penyusunan artikel ilmiah. Dalam pelatihan tersebut, materi yang disampaikan meliputi:

  • Pengalaman menulis artikel dan mengirimkan artikel ke jurnal nasional.
  • Teknik penulisan artikel ilmiah sesuai dengan template jurnal nasional.
  • Etika dalam penulisan karya ilmiah.
  • Cara mengutip referensi dengan menggunakan perangkat lunak Mendeley.
  • Panduan mengupload artikel ilmiah pada sistem jurnal online (Open Journal System).

Pemberian materi dilakukan dalam empat sesi yang melibatkan pembicara dari tim dosen Umsida, termasuk Fitria Nur Hasanah, yang menjelaskan etika penulisan artikel ilmiah dan pentingnya originalitas dalam karya ilmiah. Pada sesi lainnya, Noly Shofiyah memberikan panduan tentang cara mengupload artikel ilmiah ke jurnal nasional.

Peningkatan Pengetahuan dan Kemampuan Penulisan Artikel Ilmiah Guru

Penulisan

Setelah pelatihan selesai, dilakukan evaluasi melalui pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pengetahuan peserta mengenai penulisan artikel ilmiah. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan yang signifikan:

  • Peningkatan pengetahuan tentang komponen artikel ilmiah sebesar 46%.
  • Peningkatan pengetahuan etika penulisan artikel ilmiah sebesar 58%.
  • Peningkatan pengetahuan tentang cara mengupload artikel ke jurnal nasional sebesar 54%.

Peningkatan ini menunjukkan bahwa pelatihan daring tersebut berhasil memberikan pemahaman yang lebih baik kepada guru tentang bagaimana menulis artikel ilmiah yang berkualitas dan siap dipublikasikan di jurnal ilmiah terakreditasi. Selain itu, kegiatan ini juga meningkatkan motivasi guru untuk menulis dan mengirimkan karya ilmiah mereka ke jurnal nasional.

Meningkatkan Produktivitas Penulisan Ilmiah dan Profesionalisme Guru

Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam meningkatkan kuantitas penulisan karya ilmiah oleh guru-guru di SMK N 1 Sidoarjo. Dengan pengetahuan yang didapatkan, diharapkan para guru dapat lebih aktif menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah tersebut. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi bagian dari upaya untuk mendukung profesionalisme guru, sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah melalui sertifikasi dan pengembangan kompetensi berkelanjutan.

Melalui kegiatan ini, para guru tidak hanya diharapkan dapat meningkatkan kemampuan penulisan ilmiah mereka, tetapi juga memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan di Indonesia.

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

PeKo Interactive Media: Inovasi Pembelajaran Perawatan Komputer untuk Siswa SMK
July 25, 2025By
modul
Modul Pemrograman Visual Berbasis Proyek dalam Pengembangan Keterampilan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi
July 22, 2025By
pelatihan
Pelatihan KKA di Kelas Dikdas SMP: Memahami Miskonsepi, Solusi, dan Praktik Baik
July 18, 2025By
Pemanfaatan AI dalam Pembelajaran Tingkatkan Efisiensi dan Kualitas Pendidikan
July 11, 2025By
lulusan
Lulusan Pendidikan Teknologi Informasi Diminati di Era Digitalisasi Pendidikan
July 8, 2025By
TI
Trik Cuan Anak TI: Keterampilan Sederhana yang Bisa Jadi Penghasilan Tambahan
July 4, 2025By
Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran untuk Mata Kuliah Pemrograman Berorientasi Objek di Prodi PTI Umsida
June 24, 2025By
MBKM Asistensi Mengajar
Putri Asdatul Permatasari, Mahasiswa PTI Berbagi Pengalaman dalam Program MBKM Asistensi Mengajar di FPIP Umsida
June 20, 2025By

Prestasi

MBKM Asistensi Mengajar
Putri Asdatul Permatasari, Mahasiswa PTI Berbagi Pengalaman dalam Program MBKM Asistensi Mengajar di FPIP Umsida
June 20, 2025By
PTI
Kontribusi Prodi PTI Jadikan Umsida Lembaga Penyelenggara Pelatihan Koding dan AI untuk Guru
June 16, 2025By
profil Dr. rahmania
Dr. Rahmania, Dosen PTI Umsida: Inspirasi di Dunia Akademik dengan Inovasi dan Kontribusi Nyata
November 19, 2024By
Angelia Shofi : Menangkan Penghargaan Emas dalam Kategori Ide di Acara 2nd Committe Member of ICRIITEL
December 28, 2023By
Prestasi Cemerlang Mahasiswa PTI di Yudisium II 2023 FPIP : Kilauan Bintang di Dunia Akademis!
November 6, 2023By
Mahasiswa PTI menjadi salah satu mahasiswa berprestasi di Wisuda ke 41!!
July 27, 2023By
Mahasiswa PTI Meraih Juara III Lomba Media Pembelajaran Tingkat Nasional
July 23, 2022By