e-modul

Pengembangan E-Modul Berbasis Life-Based Learning Tingkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

ptik.umsida.ac.id – Penelitian yang dilakukan oleh tim dari Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengungkap bahwa penggunaan E-Modul berbasis Life-Based Learning (LBL) mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.

Mengapa E-Modul LBL Penting dalam Pembelajaran?

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi dalam pembelajaran konvensional, seperti minimnya keterlibatan siswa dan kurangnya variasi media pembelajaran. “Kami ingin menciptakan media pembelajaran yang tidak hanya menarik, tetapi juga mampu mendorong siswa berpikir kritis,” ungkap Nurdyansyah, salah satu peneliti utama. Dengan menggunakan E-Modul berbasis LBL, siswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan logika, analisis, dan kreativitas dalam memecahkan masalah sehari-hari.

Bagaimana Penelitian Dilakukan?

Penelitian ini dilakukan di MI Penatar Sewu, Sidoarjo, dengan melibatkan 22 siswa kelas 4. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, dan tes pre-test serta post-test. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa E-Modul LBL memiliki tingkat kelayakan yang sangat tinggi:

  • Validasi materi: 95,8% (sangat valid).
  • Validasi media: 92,5% (sangat valid).
  • Validasi bahasa: 96,4% (sangat valid).

“Skor validasi yang tinggi menunjukkan bahwa modul ini tidak hanya relevan dengan kurikulum tetapi juga mudah dipahami oleh siswa,” kata Nurdyansyah.

Hasil Penelitian dan Dampaknya pada Siswa

Hasil uji coba menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa. Rata-rata skor pre-test siswa adalah 64,25, sementara post-test meningkat menjadi 88,41. “Peningkatan sebesar 24,16 poin menunjukkan efektivitas E-Modul ini dalam membantu siswa berpikir lebih logis dan terstruktur,” jelas Nurdyansyah.

Penelitian ini juga menemukan bahwa siswa yang menggunakan E-Modul LBL lebih antusias dan termotivasi dalam belajar. Dengan pendekatan berbasis kehidupan nyata, siswa dapat mengaitkan pembelajaran dengan pengalaman sehari-hari.

Apa Langkah Selanjutnya?

Peneliti merekomendasikan agar E-Modul LBL diterapkan secara lebih luas di berbagai sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Selain itu, penelitian lanjutan diharapkan dapat mengembangkan modul serupa untuk berbagai mata pelajaran lainnya. “Kami ingin modul ini menjadi alat yang praktis dan efektif bagi guru dalam membimbing siswa berpikir kritis,” tambah Nurdyansyah.

Kesimpulannya, E-Modul berbasis Life-Based Learning terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, sekaligus menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan relevan. Penelitian ini menjadi langkah penting dalam inovasi media pembelajaran di era digital.

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran untuk Mata Kuliah Pemrograman Berorientasi Objek di Prodi PTI Umsida
June 24, 2025By
MBKM Asistensi Mengajar
Putri Asdatul Permatasari, Mahasiswa PTI Berbagi Pengalaman dalam Program MBKM Asistensi Mengajar di FPIP Umsida
June 20, 2025By
PTI
Kontribusi Prodi PTI Jadikan Umsida Lembaga Penyelenggara Pelatihan Koding dan AI untuk Guru
June 16, 2025By
Penulisan
Peningkatan Kemampuan Penulisan Artikel Ilmiah Guru SMK N 1 Sidoarjo melalui Pelatihan Daring
June 13, 2025By
ZINB
Pemodelan ZINB pada Kasus Kematian Bayi Akibat Pneumonia di Jawa Timur
June 10, 2025By
Mobile Legends
Turnamen Mobile Legends FPIP EduFair 2025: Wadah Kreativitas dan Kompetisi Positif Remaja Sidoarjo
June 3, 2025By
Free Fire
Hima PTI Gelar Turnamen Free Fire Sebagai Wadah Penyaluran Minat dan Bakat Remaja di Sidoarjo
May 27, 2025By
PTI
Hima PTI Lakukan Kunjungan Industri ke PT Jawa Pos Media Televisi, Perkuat Sinergi Dunia Kampus dan Industri Media
May 23, 2025By

Prestasi

MBKM Asistensi Mengajar
Putri Asdatul Permatasari, Mahasiswa PTI Berbagi Pengalaman dalam Program MBKM Asistensi Mengajar di FPIP Umsida
June 20, 2025By
PTI
Kontribusi Prodi PTI Jadikan Umsida Lembaga Penyelenggara Pelatihan Koding dan AI untuk Guru
June 16, 2025By
profil Dr. rahmania
Dr. Rahmania, Dosen PTI Umsida: Inspirasi di Dunia Akademik dengan Inovasi dan Kontribusi Nyata
November 19, 2024By
Angelia Shofi : Menangkan Penghargaan Emas dalam Kategori Ide di Acara 2nd Committe Member of ICRIITEL
December 28, 2023By
Prestasi Cemerlang Mahasiswa PTI di Yudisium II 2023 FPIP : Kilauan Bintang di Dunia Akademis!
November 6, 2023By
Mahasiswa PTI menjadi salah satu mahasiswa berprestasi di Wisuda ke 41!!
July 27, 2023By
Mahasiswa PTI Meraih Juara III Lomba Media Pembelajaran Tingkat Nasional
July 23, 2022By