Dosen Umsida Kembangkan E-Modul Statistik Berbasis Android, Solusi Inovatif untuk Pembelajaran Hybrid

Ptik.umsida.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) kembali mencatat prestasi melalui inovasi dalam dunia pendidikan. Dr Cindy Cahyaning Astuti MPd, bersama timnya berhasil mengembangkan E-Modul Statistik berbasis Android yang diberi nama “MBARENGI”, sebagai solusi pembelajaran statistik dalam metode hybrid learning.

Penelitian ini menjadi terobosan penting dalam menjawab tantangan pembelajaran modern, khususnya di era pasca-pandemi COVID-19.

Baca juga: Penerapan Web-Based Learning untuk Tingkatkan Minat Belajar Siswa

Inovasi E-Modul untuk Pembelajaran Hybrid
Sumber: Pexels

Pengembangan E-Modul MBARENGI dilakukan untuk mengatasi kesulitan yang sering dialami siswa dalam memahami konsep statistik, terutama pada topik analisis regresi. Modul ini menggabungkan teknologi Virtual Reality (VR) dan media berbasis lingkungan (realia) yang memungkinkan siswa belajar secara interaktif dan imersif.

E-modul ini dikemas secara menarik dengan berbagai fitur seperti materi pembelajaran, video tutorial, animasi, dan kuis interaktif yang dapat diakses melalui smartphone Android.

Metode Penelitian yang Digunakan

Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Lima tahapan pengembangan ini dimulai dari analisis kebutuhan, desain antarmuka modul, pengembangan dengan perangkat lunak seperti Adobe Illustrator dan Unity 3D Pro, hingga implementasi dan evaluasi.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa modul ini sangat membantu siswa dalam memahami konsep statistik. E-modul ini diuji pada siswa semester 6 yang telah menerima materi analisis regresi. Hasil uji coba menunjukkan bahwa modul ini dapat meningkatkan pemahaman siswa, terutama dalam proses pengujian asumsi dan analisis regresi linear.

Validasi dan Hasil Uji Coba
Sumber: Pexels

Sebelum diimplementasikan, e-modul ini divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul ini layak digunakan dengan hasil yang sangat baik.

Ahli materi memberikan penilaian 91.5% untuk aspek konten dan 93.2% untuk aspek bahasa, sementara ahli media memberikan penilaian 92.3% untuk kualitas konten, 94.4% untuk desain dan audio, serta 92.3% untuk interaksi dan umpan balik.

Pengujian terhadap 10 siswa menghasilkan respon positif dengan nilai rata-rata 88.8%. Siswa menganggap e-modul ini sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran statistik karena sifatnya yang interaktif dan memungkinkan pembelajaran mandiri di mana saja dan kapan saja.

Baca juga: Dosen PTI Umsida Ciptakan Inovasi Game Edukasi Bahasa Jawa “Sinau Bareng Miko”

Dampak bagi Pendidikan

Dr Cindy Cahyaning Astuti menjelaskan bahwa inovasi ini dikembangkan sebagai respons terhadap kebutuhan pembelajaran hybrid di masa pasca-pandemi.

“Dengan modul berbasis Android ini, siswa dapat belajar lebih fleksibel. Kombinasi teknologi dan media realia membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang sebelumnya dianggap sulit,” jelasnya.

Dengan adanya inovasi ini, Umsida menunjukkan komitmen untuk terus berinovasi dalam pengembangan teknologi pendidikan yang relevan dengan kebutuhan zaman. Penggunaan e-modul ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran statistik di berbagai institusi pendidikan.

E-Modul Statistik berbasis Android “MBARENGI” merupakan inovasi penting dalam dunia pendidikan, terutama dalam menjawab tantangan pembelajaran hybrid. Validasi dari para ahli serta respon positif dari para siswa menunjukkan bahwa e-modul ini sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman materi statistik.

Inovasi ini diharapkan dapat diadopsi oleh lebih banyak institusi pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital.

Sumber: DEVELOPMENT OF ANDROID-BASED “MBARENGI” STATISTICS E-MODULE AS AN INNOVATION FOR STATISTICS LEARNING MEDIA WITH HYBRID LEARNING