A. LABORATORIUM 

 1. LABORATORIUM JARINGAN

Laboratorium jaringan merupakan salah satu laboratorium yang berada di bawah naungan Prodi Pendidikan              Teknologi Informasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah       Sidoarjo. Laboratorium ini  dikhususkan untuk kegiatan praktikum pada komunikasi data dan jaringan komputer. Laboratorium ini bertempat di gedung E Lantai 2 ruang 202.

Tempat pelaksanaan praktikum-praktikum komunikasi data dan jaringan computer dan penyelenggaraan perkuliahan teori matakuliah – matakuliah dalam rumpun jaringan computer dan sistem computer, misalnya : Sistem Operasi, Arsitektur Komputer dan Keamanan Jaringan Komputer. Untuk menunjang fungsi dari laboratorium  dan kegiatan pembelajaran laboratorium tersebut dilengkapi dengan perangkat – perangkat berikut : Komputer Dekstop, Server, Router, Managable Switch, Non Managable Switch, Access Point, Crimping Tool, LCD Projector, White Board, LAN Tester dan peralatan lainnya yang berhubungan dengan jaringan komputer. Adapun kegiatan praktikum yang dilaksanakan, antara lain: pengkabelan, analisis jaringan, subnetting, instalasi Wired Network, Wireless Network, dan routing.

2. LABORATORIUM PEMROGRAMAN 

Laboratorium ini  dikhususkan untuk kegiatan praktikum pemrograman dan multimedia. Laboratorium ini bertempat di gedung E Lantai 2 ruang 201. Penyelenggaraan perkuliahan teori matakuliah – matakuliah dalam rumpun pemrograman dan multimedia, misalnya : Pemorgaman dasar, Algoritma dan Struktur Data, OOP, Pemrograman Visual, Pemrograman Mobile, Pemorgaramn  terstruktur, Media Pembelajaran, dll.

 

Untuk menunjang fungsi dari laboratorium  dan kegiatan pembelajaran laboratorium tersebut dilengkapi dengan perangkat – perangkat berikut : Komputer Dekstop Ram 4 Gb, Server, Managable Switch, Access Point, LCD Projector, White Board, ber AC dan peralatan lainnya yang berhubungan dengan pemrograman. Adapun kegiatan praktikum yang dilaksanakan, antara lain: Pemograman Web, Pemrograman Visual, OOP, ALgoritma dan Struktur data, Pemrograman Mobile, Grafika Komputer, Basis Data, Pemrograman Sistem Terdistribusi, Pengolahan Citra Digital.

3. LABORATORIUM BAHASA

4. LABORATORIUM AUDIO VISUAL

B. RUANG KELAS

Di dalam proses pembelajaran ruang atau tempat belajar mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran. Ruangan kelas di desain agar Dosen dan Mahasiswa dapat berinteraksi dengan nyaman pada saat proses perkuliahan. Setiap ruang kelas perkuliahan di PTI UMSIDA dilengkapi dengan LCD Proyektor, white board, dan Ber AC. sehingga memungkinkan mahasiswa dapat belajar dengan nyaman

C. PERPUSTAKAAN

Fasilitas di gedung perpustakaan UMSIDA antara lain ruangan yang ber AC, koleksi yang berkualitas yang selalu uptodate, perpustakaan selalu berupaya menyediakan koleksi terbaru dan terus menambah bentuk layanan digitalnya. Selain perpustakaan pusat yang ada di kampus I, tepatnya Jl. Mojopahot 666 B Sidoarjo, terdapat pula Perpustakaan Fakultas Teknik, Ekonomi dan Pertanian yang berada di Kampus II di Jl. Raya Gelam 250 Candi Sidoarjo. Perpustakaan Fakultas kampus II ini tidak hanya menyediakan informasi yang berkaitan dengan bidang teknik, ekonomi dan pertanian saja, akan tetapi informasi umum pun mulai didsediakan seiring dengan perkembangan Informasi yang begitu pesat. Dengan personil sebanyak 11 Orang diantara- nya 1 Kepala perpustakaan 5 orang tenaga Pustakawan dan 4 Orang lulusan non perpustakaan, kami menyajikan layanan terbuka (open access) dengan terus melakukan pembenahan dan peningkatan layanan perpustakaan yang terotomasi dan dalam bentuk layanan digital.