KULIAH TAMU PRODI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI

Teknologi informasi terhadap perkembangannya saat ini semakin cepat seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi. Dampak yang ditimbulkan dapat mempengaruhi peradaban manusia seperti mudahnya berkomunikasi dan mengakses data tanpa memperhitungkan jarak, tempat, dan waktu.  Walaupun demikian semua data dan informasi yang diberikan membuat peluang untuk coba dan terus mencoba membuka terhadap bocornya data informasi yang kita miliki oleh pihak ketiga, baik disengaja maupun tidak disengajara atau bahkan karena lemahnya teknologi yang dimiliki. Untuk mengantisipasi hal tersebut diatas, perlu ada upaya penyadaran tidak saja bagi pengguna fasilitas teknologi ini, namun juga masyarakat luas akan pentingnya memahami tindakan-tindakan preventif terkait dengan upaya-upaya perlindungan keamanan informasi.

Dengan adanya revolusi industri 4.0 maka semua perangkat akan terkoneksi melalui internet sehingga membentuk teknologi baru yaitu Internet of Things. Dengan adanya koneksi tersebut ditambah lagi cloud computing dan big data, maka peran Cyber Security menjadi hal yang sangat penting, mengingat akan banyaknya kejahatan pada dunia digital. Untuk melindungi data-data yang yang digunakan dibutuhkan adanya cyber security. Sebenarnya apa cyber security dan manfaat yang akan didapat dengan adanya cyber security. Cyber security adalah aktivitas untuk melakukan pengamanan dan menlindungi informasi atau sumber daya telematika demi mencegah terjadinya tindakan cyber crime atau cyber attack. Cyber attack disini bertujuan untuk mengganggu secara fisik maupun alur logic sistem yang sengaja dilakukan untuk mengganggu kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity), dan ketersedian (availability) informasi.

Untuk mengantisipasi hal tersebut maka Prodi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) Umsida bekerja sama dengan APTIKOM Wilayah 7 menyelenggarakan kuliah tamu dengan tema Cyber Security di Era Revolusi Industri 4.0 yang merupakan satu serangkaian acara MDCF 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh 207 peserta mahasiswa dari berbagai program studi.

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *